Post History

Senin, 03 Februari 2014

IT 2nd Homework: Cara kerja sensor cahaya dengan LDR

LDR (Light Dependent Resistor) merupakan salah satu komponen elektronika yang dapat berubah resistansinya ketika mendeteksi perubahan intensitas cahaya yang diterimanya. LDR dapat juga dikatakan sebagai sensor cahaya. Karakteristik dari LDR ini adalah perubahan resistansi / tahanannya ketika terjadi perubahan cahaya yang terdeteksi.
Berdasarkan karakteristik diatas dan dengan menggunakan prinsip pembagi tegangan dalam merancang suatu sensor sederhana, kita dapat merancang dan membuat rangkaian pendeteksi cahaya seperti halnya pada rangkaian sensor suhu dengan thermistor.
Berikut rangkaian sensor cahaya:
Gambar Rangkaian Sensor Cahaya dengan LDR
Komponen yang digunakan pada rangkaian sensor cahaya diatas

  • Baterry
  • LDR
  • Variabel reesistor
  • Transistor NPN 2N2222
  • Relay
  • Led 2 Buah

Penjelasan rangkaian sensor cahaya:
Ketika LDR mendeteksi kenaikan intensitas cahaya maka resistansi LDR akan mengecil. Ketika resistansi LDR lebih kecil dari resistansi variabel resistor sebagai pembagi tegangannya, maka akan ada arus yang mengalir ke basis transistor, ketika itu juga relay akan aktif dan led merah (sebagai indikator adanya cahaya) sebaliknya jika cahaya yang dideteksi LDR kecil maka resistansi pada LDR akan menjadi besar, dan ketika resistansi LDR lebih besar dari pembagi tegangannya dalam rangkaian kali ini variabel resistor maka tidak akan ada arus yang mengalir ke basis transistor, relay tidak aktif dan led hijau (sebagai indikator tidak adanya cahaya ).
Gambar Rangkaian Sensor Cahaya dengan LDR saat tidak mendeteksi cahaya

Gambar Rangkaian Sensor Cahaya dengan LDR saat mendeteksi cahaya


Bahan posting diambil dari situs: all-thewin.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar